Widget HTML #1

GANTI OLI SECARA BERKALA

Murnisubajamas - Berbicara mengenai bagian-bagian dalam motor, kebutuhan akan oli tentunya tidak dapat dipungkiri lagi. Cairan pelumas ini sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran mesin maupun komponen lainnya dalam motor. Cara menjaga kualitas oli motor dapat berupa banyak hal, tergantung dari bagaimana anda merawat motor anda sendiri. Hal paling sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan motor secara wajar (tidak digunakan untuk balap ), melakukan servis motor secara rutin, hingga mengganti oli secara berkala.

FUNGSI OLI PADA MESIN

$ads={1}

Dengan fungsi utamanya yaitu sebagai bahan pelumas dan perapat antar komponen agar mesin berjalan dengan baik dan bebas gangguan. Selain itu oli mesin juga mempunyai beberapa fungsi tambahan, yaitu: 

  • Mengurangi gesekan antara komponen mesin motor satu dengan yang lain. Gesekan yang terjadi dapat menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus, mengurangi tenaga yang dihasilkan, menghasilkan kotoran dan panas. Agar gesekan dapat dikurangi maka bagian saling bergesekan dilapisi oli pelumas. 

  • Sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan proses pembakaran di dalam silinder dan panas yang dihasilkan dari gesekan antar komponen. 

  • Sebagai perapat celah antara piston dengan silinder. Pelumas dapat mengurangi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran dengan membuat lapisan oli yang mengisi celah antara piston dan silinder. 

  • Sebagai peredam getaran dan suara bising hasil benturan piston, batang piston dan poros engkol. Pelumas untuk melapisi antara bagian tersebut dan meredam benturan yang terjadi sehingga suara mesin lebih halus. 

  • Sebagai pembersih kotoran hasil gesekan antar komponen mesin. Pelumas membantu membawa kotoran tersebut sehingga bagian yang bergesekan tetap bersih. 

  • Sebagai anti karat, pelumas melapisi bagian logam sehingga menghindari kontak langsung dengan udara atau air. 

PENTINGNYA MENGGANTI OLI SECARA RUTIN

Oli memiliki beberapa fungsi penting untuk menjaga performa sekaligus kondisi mesin motor anda. Dengan kata lain, semakin bagus kualitas oli yang melekat pada mesin motor anda, maka semakin bagus pula performa mesin yang akan dihasilkan. Namun ingat, anda tidak dapat menggunakan sembarang jenis oli pada motor anda, jadi sebaiknya sesuaikan atau konsultasikan dulu dengan beberapa teknisi ahli mengenai penggunaan oli yang cocok dengan tipe motor Anda. Sebenarnya sangat dianjurkan untuk tidak berganti-ganti merk dan jenis oli agar tidak merusak mesin motor anda. Pastikan anda mengganti oli dengan merk yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan.

KAPAN WAKTUY YANG TEPAT UNTUK MENGGANTI OLI?

Kualitas oli lebih bergantung kepada lamanya penggunaan serta jarak yang ditempuh oleh motor anda. Umumnya, proses penggantian oli pada motor Honda berkisar pada 4.000 kilometer.

Tetapi untuk motor baru pergantian oli jangka waktunya lebih cepat. Demi menjaga performa mesin motor anda agar tetap stabil, sebaiknya anda harus mengganti oli motor secara rutin setiap 2 bulan sekali atau 2.000 kilometer (tergantung dari intensitas pemakaian motor anda dan kondisi jalan yang anda lalui setiap hari). Apabila aktivitas anda sehari-hari membutuhkan perjalanan yang jauh maka usia pemakaian dan kualitas oli motor anda akan cepat berkurang dan perlu diganti dengan oli yang baru.

$ads={2}

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGGANTI OLI

Terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam mengganti oli motor, seperti :

  • Jangan menyemprot lubang oli dengan udara bertekanan karena hal tersebut akan mengakibatkan kotoran yang terdapat di filter oli tersebar ke area mesin. 

  • Jangan membuka baut pembuangan oli pada saat mesin dalam kondisi panas, karena hal tersebut akan cepat merusak ulir baut. 

  • Gantilah ring oli setiap anda membuka baut pembuangan oli untuk menghindari kebocoran pada saat pemasangan baut oli. 

  • Bersihkan filter oli setiap 12.000 kilometer untuk membuang sisa kotoran yang terdapat pada mesin

KANG ANDI
KANG ANDI Seorang marketing motor, yang keseringan cari konsumen lewat online dijuluki sama temen temen marketing online.

Post a Comment for "GANTI OLI SECARA BERKALA"